print this page Print Halaman Ini

Sabtu, 06 Juni 2015

SEKILAS 38 TAHUN SAKA BAYANGKARA BANYUMAS BERKARYA MENGUKIR PRESTASI

Satuan Karya Pramuka Bhayangkara (Saka Bhayangkara) merupakan wadah dan sarana pembentukan, peningkatan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan pengalaman dibidang kebhayangkaraan, sehingga Pramuka Saka Bhayangkara siap menjadi kader pembangunan di bidang pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Binkamtibmas).
Pedoman dibentuknya saka Bhayangkara adalah Keputusan Kapolri : No.Pol.: Skep/595/X /2006 Tanggal 4 Oktober 2006 tentang Syarat – syarat dan gambar Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kebhayangkaraan dan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 159 tahun 2011 tanggal 20 September 2011 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara.
Kasat Binmas Polres Banyumas AKP Kusnadi, SH melalui melalui Staffnya yang sekaligus sebagai Pamong Saka, Bripka Yusup Supriyadi, SH menjelaskan, Saka Bhayangkara Polres Banyumas berdiri pada tahun 1977 dan merupakan Satuan Karya tertua di Kwartir Cabang Banyumas. Diusianya yang sudah 38 tahun sudah ribuan anggota pramuka dibina dan telah banyak kiprah yang dilakukan oleh anggotanya dalam mendarmabaktikan diri kepada masyarakat, diantaranya dalam tugas – tugas kemanusiaan seperti tugas pengamanan arus mudik dan arus balik pada Operasi Ketupat Candi, tugas pengamanan swakarsa pada setiap kegiatan besar pramuka.
Saka yang memiliki sanggar bakti di Jl. Gatot Subroto No.79 Purwokerto ini telah mengukir sederet prestasi, diantaranya sebagai Juara Umum Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Tingkat Nasional pada tahun 2005, Berprestasi pada Kemah Bhakti kemitraan di MABRIMOBDA Polda jateng, Juara Umum Perkemahan Saka Bhayangkara Tingkat Jawa tengah mulai tahun 2010 sampai dengan tahun 2013 dan terakhir Berprestasi pada Persabhara Daerah. Kapolres Banyumas selaku Ketua Mabi Saka Bhayangkara AKBP Murbani Budi Pitono, S.Ik.,M.Si mengatakan bahwa “Pramuka adalah wadah yang tepat untuk membentuk mental kepribadian remaja, karena Gerakan Pramuka memimiliki Tri Satya dan Dasa Darma yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari – hari, maka saya yakin setiap anggota pramuka memiliki kepribadian yang luhur dan pramuka menjadi bagian penting dari pembangunan jiwa bangsa”. Semoga kedepan, adik – adik anggota Saka Bhayangkara akan menjadi penerus bangsa yang berkarakter.
PARSITO : Ancu Media dan Pers Kwarcab Banyumas

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls