print this page Print Halaman Ini

Sabtu, 03 Maret 2012

PROFIL

PROFIL SAKA BHAYANGKARA

KEPOLISIAN RESOR BANYUMAS

Satuan Karya Pramuka disingkat saka adalah wadah pendidikan kepramukaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman para pramuka dalam berbagai kejuruan bidang. Bhayangkara berarti penjaga, pengawal, pengaman, atau pelindung keselamatan bangsa dan negara. Kebhayangkaraan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pertahan dan keamanan negara dalam rangka menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan melindunginya terhadap setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri

Satuan Karya Pramuka Bhayangkara disingkat Saka Bhayangkara adalah satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional.

Saka Bhayangkara adalah pramuka khusus dibawah naungan kepolisian Republik Indonesia yang memiliki kemapuan khusus dibidang mental, fisik, taktik, taktis dan teknik kepolisian untuk melindungi terhadap setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri. Saka bhayangkara Polres banyumas berdiri kurang lebih pada tahun 1977 yang lebih tepatnya 26 Januari 1977

Bagaimana caranya masuk Saka Bhayangkara Polres Banyumas :

1.Calon Peserta DIKSAR yang mengikuti PENDIDIKAN DASAR yag disebut sebagai CASISBHARA POLRES BANYUMAS akan di berikan pendidikan selama 1 bulan dengan pelatihan khusus bagi CASIS BHARA POLRES BANYUMAS dengan ketahanan mental dan fisik yang akan di didik menjadi PRAMUKA SAKA BHAYANGKARA yang kuat dan tangguh.

2. Setelah mengikuti Pradiksar selama 1 bulan maka akan mengikuti Pendidikan Dasar SAKA BHAYANGKARA selama 1 minggu untuk pembaretan sebagai SISWA BHARA POLRES BANYUMAS.tetapi sebelum memasuki pendidikan akan di hadang dengan peringatan dan test fisik.setelah dilantik dan wajib mengikuti pelatihan secara berkala selama 3 bulan.

3. GLAGI TANGGUH I merupakan kegiatan Gladian untuk memantapkan mental, fisik serta materi yang di dapat selama latihan. Yang selanjutnya akan dilantik sebagai CATA BHARA POLRES BANYUMAS. Setelah dilantik dan wajib mengikuti pelatihan secara berkala selama 3 bulan.

4.GLAGI TANGGUH II merupakan kegiatan Gladian untuk memantapkan dan memaksimalkan kemampuan mental, fisik serta materi yang di dapat selama latihan sampai mencapai target yang ditentukan. Yang selanjutnya akan dilantik sebagai ANGGOTA BHARA POLRES BANYUMAS. Setelah dilantik dan wajib mengikuti pelatihan secara berkala selama 3 bulan.


5. GLAGI TANGGUH III merupakan kegiatan Gladian untuk mempersiapkan mental, fisik dalam rangka mendukung tugas SAKA BHAYANGKARA dan menyusun perencanaan kegiatan serta pelatihan administrasi sampai mencapai target yang ditentukan. Yang selanjutnya akan dilantik sebagai RASTRA BHARA POLRES BANYUMAS. Setelah dilantik dan wajib mengikuti pelatihan secara berkala selama 3 bulan.

6.DIKLAT KRIDA merupakan anggota RASTRA BHARA POLRES BANYUMAS yang selanjutnya memenuhi syarat akan di bagi menjadi 4 satuan KRIDA yaitu:

KRIDA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA (PPB)

KRIDA PPB merupakan satuan Krida Bhayangkara yang mampu membantu, melakukan tindakan SAR, mampu melakukan pemadaman kebakaran serta mempu menanggulangi dan mencagah terjadinya bencana
KRIDA LALU LINTAS (LANTAS)

KRIDA LANTAS merupakan satuan Krida Bhayangkara yang bertujuan membantu polri dalam lalu lintas, mampu melaksanakan Sket TKP LAKA LANTAS, pertolongan pertama pada korban Laka Lantas serta mengetahui jenis dan nomor kendaraan bermotor dan UU peraturan lalu lintas.

KRIDA KETERTIBAN MASYARAKAT (TIBMAS)

KRIDA TIBMAS merupakan satuan Krida Bhayangkara dengan tujuan mewujudkan masyrakat dan anggota pramuka yang peduli terhadap KAMTIBMAS serta melaksanakan KAMTIBMAS secara menyeluruh.

KRIDA TEMPAT KEJADIAN PERKARA (TKP)

KRIDA TKP merupakan satuan Krida Bhayangkara dengan tujuan terhadap penangganan kasus tertangkap tangan, pencurian, pembunuhan dan penculikan serta melakukan indetifikasi TKP dan sidik jari. serta membantu POLRI dalam menanggani TKP.

7. KURSUS INSTRUKTUR MUDA SAKA BHAYANGKARA POLRES BANYUMAS
Kursus Instruktur Muda, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka, baik sebagai Pribadi, kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Penanggulangan Bencana Khususnya dalam bidang kesakaan saka bhayangkara.

8.  KURSUS INSTRUKTUR MUDA KRIDA SAKA BHAYANGKARA POLRES BANYUMAS
KURSUS ini di tujukan penjurusan secara mendalam bagi Instruktur Muda Ke Krida dan wawasan untuk menjadi pelatih dalam Kridanya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls