print this page Print Halaman Ini

Selasa, 13 Maret 2012

KEPRAMUKAAN






Kepramukaan merupakan suatu proses pendidikan luar sekolah dan di
luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat,
teratur, terarah, praktis yang dilakaukan dialam terbuka dengan Prinsip
Dasar Kepramukaan dan Metode kepramukaan yang sasaran akhirnya
Pembentukan watak.
Pramuka merupakan kepanjangan dari praja Muda Karana artinya Rakyat Muda Yang Suka Berkarya.


Menurut buku SCOUTING FOR BOYS :
“Pramuka adalah bukan ilmu yang harus di pelajari dengan tekun dan bukan pula kumpulan naskah-naskah, tapi pramuka adalah permainan menyenangkan di alam terbuka tempat orang dewasa dan anak-anak berkumpul bersama, seperti adik dan kakak membina kesehatan, ketrampilan, dan memberi pertolongan.” Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang di laksanakan di Indonesia.

Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak atau pemuda di bawah tanggung jawab orang dewasa yang di laksanaka diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dengan menggunakan prinsip dasar metode kepramukaan.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka .Bapak pramuka dunia adalah “LORD ROBERT BODEN POWELL OF GIWELL.” Dia lahir pada tgl 22 februari 1857 di London.Nama asli Boden Powell adalah “ROBERT STEPHENSON SMYTH”.Bapak Pramuka Indonesia adalah “SULTAN HAMENGKUBUWONO IX”.Pramuka tertinggi di Indonesia adalah PRESIDEN.

Tingkatan satuan pramuka terdiri dari :

a)Siaga usia  (7-10 tahun). Satu pasukan terdiri dari 10 anak dipimpin oleh pemimpin barung (BARUNG). Bentuk barisan LINGKARAN.

b) Penggalang usia (10-15 tahun). Satu pasukan terdiri dari 10 anak dipimpin oleh pemimpin regu (PINRU). Bentuk barisan ANGKARE.

c)Penegak usia (16-20 tahun). Satu pasukan terdiri dari 10 anak dipimpin oleh pemimpin sangga (PINSA). Bentuk barisan berbanjar.

d)Pandega usia  (20-23 tahun). Satuanya disebut RANCANA. Dipimpin oleh ketua Dewan Rancana (KDR).

e)Pembina (usia 25 tahun keatas).



Materi lainnya:
  1. Arti Lambang Pandu
  2. Sejarah Pramuka 

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls